downest

PKI, PRRI, TII

PKI merupakan sebuah partai politik yang pernah ada di Indonesia. Partai ini telah bubar sejak tahun 1965. Partai komunis Indonesia ata...


PKI merupakan sebuah partai politik yang pernah ada di Indonesia. Partai ini telah bubar sejak tahun 1965. Partai komunis Indonesia atau disingkat PKI adalah partai terlarang di Indonesia semenjak dibubarkan. Julukan partai terlarang disebabkan ideologi-ideologi yang ada di partai politik PKI sangat bertentangngan dengan Negara Indonesia salah satunya paham Tuhan yang maha esa, bagi PKI paham tersebut tidak ada karena mereka beranggapan semua keputusan diambil oleh Negara tanpa mempertimbangkan norma-norma agama khususnya. Di Indonesia mempunyai agama resmi yaitu Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Ko Hu Chu dan mempunyai ideology Bhineka tunggal ika (saling menghargai).


Oleh karena itu PKI ( Partai Komunis Indonensia) dilarang di Negara majemuk seperti Indonesia. Terlebih PKI terlibat dalam G30SPKI yang membuat partai ini semakin dibenci. Banyak kejadian-kejadian yang melanggar HAM saat meradangnya konflik saudara di Indonesia. Sampai saat ini sejarang mengenai PKI dan segala konflik yang ada saat itu mulai dipelajari dan dipahami oleh generasi-generasi meillinealls. Semoga saja sejarah-sejarah penting Indonesia tidak disalah gunakan untuk kepentingan sebuah golongan sehingga tidak memajukan Negara Indonesia.


Selain PKI ada juga yang namanya PRRI. PRRI adalah sebuah gerakan pertentangan Antara pemerintah suatu daerah dengan pemerintah pusat. Gerakan ini muncul awal tahun 1958 mulanya didaerah Padang Sumatra Barat yang dipimpin jendral letnan kolonel Ahmad Husein. PRRI terdengar sampai Sulawesi tepatnya Sulawesi uatara dan Sulawesi tengah. Sulawesi pun mendukung pergerakan PRRI tersebut. PRRI biasa disingkat Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia).

Letkol Ahmad Husein mengatakan pada rapat Negara 1957 bahwa semua tokoh PRRI adalah pahlawan republic NKRI oleh karena itu para pahlawan setiap daerah menginginkan otonom yang seluas-luasnya. Tetapi pemerintah Indonesia saat itu tidak setuju dan mengakibatkan ketegangan Antara pemerintah pusat dan PRRI. Kountistusi pada saat pasca agresi penjajah pun tidak berjalan dengan baik yang membuat PRRI memprotes keras. Kemudian pemerintah menganggap setiap protes itu dianggap sebagai pemberontakan sehingga pemerintah menumpas para penentang saat itu dengan pengerahan militer besar-besaran. Setelah itu Republik Indonesia kembali tetap memusatkan pemerintahan di daerah pulau jawa.

Kemudian juga ada yang namanya DI/TII (Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia). DI/TII muncul setelah kemerdekaan yakni pada tahun 1949 bulan agustus tanggal 7 di proklamasikan oleh Sekarmadji Maridjan. Gerakan ini bertujuan menjadikan Negara Indonesia Negara teokrasi dengan agama islam sebagai dasar Negara yakni Al-quran dan Hadist shahih sebagai pedoman Negara.


Ideologi Darul Islam menyebar luas ketanah air dari Aceh sampai Kalimantan dan Sulawesi. Hokum-hukum dasar Darul Islam juga tidak bisa diterima oleh pemerintah Indonesia saat itu sehingga yang menginginkan Negara Islam Indonesia sebagai pemeberontak. Sampai pada akhirnya Kartosoejo pemimpin TII (Tentara Islam Indonesia) ditangkap TNI dan deksekusi pada tahun 1962 membuat DI/TII melemah.

Namun pergerakan DI/TII terpecah dan bergerak diam-diam di setiap daerah khususnya di Aceh yang ketika itu di pimpin oleh Ahmad Daud berueh. Inilah bibit-bibit munculnya Gerakan Aceh Merdeka atau GAM. Tetapi kekuatan militer TNI (Tentara Negara Indonesia) mempu menumpas segala pemberontakan itu dan sekrang DI/TII sudah tak terdengar lagi
Reaksi: 

Related

Hot 8530846717276903590

Posting Komentar

emo-but-icon

item